Langsung ke konten utama

Mengapa Anak Teknik Harus Belajar Kalkulus ? (Just My Opinion)

Hallo gengs, pada kali ini kita gabakal belajar tentang kalkulus kok! cmn mau memberikan pendapat. Mengapa anak teknik wajib belajar kalkulus?

Menurut Wikipedia Kalkulus (Bahasa latincalculus, artinya "batu kecil", untuk menghitung) adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret. Kalkulus adalah ilmu yang mempelajari perubahan, sebagaimana geometri yang mempelajari bentuk dan aljabar yang mempelajari operasi dan penerapannya untuk memecahkan persamaan. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sains, ekonomi, dan teknik; serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer.

Intinya sih si KALKULUS ini merupakan cabang ilmu matematika yang sering di terapkan untuk memecahkan permasalahan di dunia teknik. Berarti masih ada dong cabang ilmu matematika lain? pastinya gengs, dijurusan Teknik terkadang ada beberapa mata kuliah yg mempelajari cabang matematika selain si kalkulus ini seperti Probability dan statistika, Numerikal, Rekayasa Matematika, dan masih banyak lagi. 

Lalu untuk apa kita mempelajari Kalkulus ini? kan anak teknik yg penting bisa ngoprek mesin, listrik, dan alat alat teknik lainnya. Jadi begini wak gengs kalo kalian memecahkan permasalahan dalam dunia teknik, kalian gabisa hanya memberikan pendapat saja karena harus dibuktikan ! ilmu kalkulus ini sebagai dasar pemecahan masalah, kalian tau rumus tentang percepatan ? 

Rumus diatas ini penerapan Kalkulus dirumus fisika gengs, jadi kalian ga cmn harus menghafal rumusnya tapi tau proses mendapatkan rumus tersebut. Katanya ga bahas PELAJARANYA ? KENAPA ADA RUMUS? wkwk, sebagai contoh itu gengs buat gambaran aja kalo percepatan diturunkan satu kali jd kecepatan, kalo diturunin lagi jd jarak.

Gimana ? masih butuh pernyataan buat mendukung kalo belajar kalkulus itu penting buat anak teknik? gw kasih contoh lagi nih wak gengs

Diketahui mobil berpindah dari titik A ke B dengan kecepatan 6 m/s. mobil tersebut mengalami percepatan 
a(t) = 3t2-1 m/s,Berapakah kecepatan mobil saat t=3 s ?
MARI KITA TERAPKAN ILMU KALKULUSNYA
Karena percepatan merupakan turunan dari kecepatan, untuk mendapatkaan kecepatan harus di integralin a(t) nya

V=Vo + a(t) dt
V= 3 + ∫ 3t2-1 dt = 3 + (t3- t ) + C
Tinggal masukin t=3s
V= 3 + (33- 3) = 27 m/s

begitu gengsss !!!!!

Jadi menurut gw alasan kita harus belajar kalkulus buat anak teknik, buat dasar pengetahuan untuk memecahkan suatu permasalahan yang ada di dunia teknik :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WASTE HEAT RECOVERY

  Dalam industri pembangkit listrik selain menghasilkan daya mesin listrik juga menghasilkan panas yang dimana panas tersebut dapat dimanfaatkan. Waste Heat Recovery merupakan salah satu solusi untuk pemanfaatan energi panas yang terbuang sehingga seluruh energi panas dari reaktor dapat dimanfaatkan tanpa ada yang terbuang ke lingkungan, yang dapat menimbulkan dampak global warming . Waste Heat Recovery adalah proses pengubahan energi dari limbah panas untuk menghasilkan energi, yang dimana limbah panas merupakan hasil dari pembakaran yang dibuang ke lingkungan. 1. Waste Heat Recovery Recuperator Heat Exchenger yaitu berfungsi untuk menurunkan temperatur gas pendingin yang keluar dari turbin, yang kemudian akhirnya diteruskan ke kompresor agar bisa dikompresikan. Fungsi lain dari rekuperator ini adalah untuk menaikkan temperatur gas pendingin sebelum dimasukkan kembali ke dalam teras reaktor. 2.    Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG) Teknologi WHRPG menghasilkan...

Sistem Pendinginan Mesin Oleh Udara Dan Oleh Coolant Pada motor

Rekayasa Pendinginan   Ahmad Iqbal A (Teknik Fisika)  Review Tentang Sistem Pendinginan Mesin Oleh Udara Dan Oleh Coolant Pada motor   Sistem pendingin merupakan sistem yang digunakan pada mesin yang memiliki fungsi agar mesin tetep dalam suhu ideal atau tidak overheat. Sistem pendingin pada mesin motor memiliki dua jenis yaitu sistem pendingin udara dan sistem pendingin liquid. Yang dimana keduanya digunakan pada mesin motor yang  diperuntunkanya berbeda. Pada Motor Motor produksi massal Biasa yang menggunakan Sistem Liquid Cooled seperti Misalnya CBR250RR, R25 ataupun Ninja 250 biasannya Hadir Thermostat dimana tugas thermostat adalah mengukur suhu cairan yang dipompakan oleh Water pump dari Water Jacket ( Biasannya panas). Lalu Jika suhu hasil Pengukuran masih berada pada ambang batas suhu optimal ( Biasannya sekitar 70-90 derajad Celcius ) Maka cairan Coolant akan dikembalikan Lagi ke water jaket di Mesin Via sebuah jalur ByPass untuk Proses ‘pendingina...