Rekayasa Pendinginan
Ahmad Iqbal A (Teknik Fisika)
Review Tentang Sistem Pendinginan Mesin Oleh Udara Dan Oleh Coolant Pada motor
Sistem pendingin merupakan sistem yang digunakan pada mesin yang memiliki fungsi agar mesin tetep dalam suhu ideal atau tidak overheat. Sistem pendingin pada mesin motor memiliki dua jenis yaitu sistem pendingin udara dan sistem pendingin liquid. Yang dimana keduanya digunakan pada mesin motor yang diperuntunkanya berbeda. Pada Motor Motor produksi massal Biasa yang menggunakan Sistem Liquid Cooled seperti Misalnya CBR250RR, R25 ataupun Ninja 250 biasannya Hadir Thermostat dimana tugas thermostat adalah mengukur suhu cairan yang dipompakan oleh Water pump dari Water Jacket ( Biasannya panas). Lalu Jika suhu hasil Pengukuran masih berada pada ambang batas suhu optimal ( Biasannya sekitar 70-90 derajad Celcius ) Maka cairan Coolant akan dikembalikan Lagi ke water jaket di Mesin Via sebuah jalur ByPass untuk Proses ‘pendinginan’ Mesin ‘selanjutnya.
Pada kendaraan bermotor tidak lepas pula pendingin udara, sistem pendingin udara ini umumnya dilakukan dengan cara memanfaatkan udara yang masuk lewat celah mesin yang dimana cara kerjanya yaitu udara akan masuk lewat celah fairing atau cover bodi depan (biasanya berbentuk sirip), kemudian masuk ke dalam celah mesin. Hal yang penting mesin berpendingin udara adalah toleransi mesin terhadap suhu panas bisa dibilang cukup tinggi, sehingga motor dengan sistem pendingin udara bisa digunakan dalam berbagai kondisi cuaca, dari mulai musim deingin, hingga musim panas, tapi tidak cocok digunakan di jalanan macet.
Perbandingan pendingin udara & liquid
Untuk pendinginan air/liquid dapat diandalkan dan tidak mudah menimbulkan pemanasan lebih. Tapi sistem ini tidak dapat bekerja tanpa air, sehingga menambah berat motor dan untuk pemanasan motor memerlukan waktu. Sebaliknya pada pendinginan udara, mudah terjadi pemanasan lebih. Pendinginan udara lebih cocok untuk motor-motor kecil karena pada motor-motor besar cenderung menimbulkan persoalan. Keuntungan dari pendingin udara disini tidak diperlukan air, karena itu tidak perlu khawatir terhadap pembekuan air. Selain itu konstruksi motor menjadi lebih sederhana dan ringan. Dan pemanasan motor lebih cepat. Pendinginan udara lebih disukai di daerah-daerah dingin atau yang suhunya rendah sekali seperti di eropa
Komentar
Posting Komentar