Langsung ke konten utama

Ac Sentral

 

AC sentral merupakan sistem pendinginan ruangan yang dikontrol dari satu titik atau tempat dan di distribusikan secara terpusat ke seluruh isi gedung dengan kapasitas yang sesuai dengan ukuran ruangan dan isinya dengan menggunakan saluran udara / ducting ac. AC sentral memiliki 8 komponen utama Diantaranya adalah Chiller atau bagian pendingin, Air Handling Unit (AHU) atau bagian pengatur udara, Cooling Tower, sistem pemipaan atau bagain distribusi, ducting atau bagian saluran udara, system control & kelistrikan.

1.      Chiller

Chiller atau Unit Pendingin merupakan mesin yang berfungsi untuk mendinginkan air di bagian evaporator. Air dingin ini yang kemudian dialirkan ke mesin penukar kalor (Fan Coil Unit) sebelum ditransfer ke seluruh ruangan yang terhubung dengan AC sentral.

Jenis Chiller atau Unit Pendingin dibagi berdasarkan model kompresornya,ada 3 diantaranya:

  1. Reciprocating
  2. Screw dan
  3. Centrifugal

Dan jenis Chiller atau Unit Pendingin dibagi berdasarkan kondensornya, ada 2 yaitu:

  1. Air Cooler (Udara Pendingin)
  2. Water Cooler (Pendingin Air)
  3. Air Handling Unit (AHU)

1.      AHU (Air Headling Unit)

Air Handling Unit (AHU) adalah mesin pengkonversi kalor dimana udara panas yang berada di ruangan dialirkan melewati coil pendingin lalu digantikan dengan udara dingin. Istilah lain dari Air Handling Unit (AHU) adalah unit pengana udara.

2.      Cooling Tower

Cooling water adalah komponen AC sentral yang hanya ada untuk jenis kompresor water cooler. Mesin ini berfungsi untuk melewati air panas yang berasal dari filamen cooling tower yang kemudian dihembus oleh udara dengan mesin blower yang memiliki suhu rendah.

3.      Pompa

      Pompa sirkulasi pada mesin AC sentral terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Chilled Water Pump: adalah jensi pompa sirkulasi air dingi yang berfungsi untuk mengalirkan air dingin yang berasal dari chiller ke koil pendingin (AHU atau FCU).
  2. Condensor Water Pump adalah jenis pompa sirkulasi yang berfungsi mengalirkan air pendingin yang berasal dari kondensor chiller ke bagian coolung tower.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Anak Teknik Harus Belajar Kalkulus ? (Just My Opinion)

Hallo gengs, pada kali ini kita gabakal belajar tentang kalkulus kok! cmn mau memberikan pendapat. Mengapa anak teknik wajib belajar kalkulus? Menurut Wikipedia  Kalkulus  (Bahasa latin :  calculus , artinya "batu kecil", untuk menghitung) adalah cabang ilmu matematika  yang mencakup limit, turunan, integral,  dan deret.  Kalkulus adalah ilmu yang mempelajari perubahan, sebagaimana geometri  yang mempelajari bentuk dan aljabar  yang mempelajari operasi dan penerapannya untuk memecahkan persamaan. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sains, ekonomi, dan teknik ; serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer. Intinya sih si KALKULUS ini merupakan cabang ilmu matematika yang sering di terapkan untuk memecahkan permasalahan di dunia teknik. Berarti masih ada dong cabang ilmu matematika lain? pastinya gengs, dijurusan Teknik terkadang ada beberapa mata kuliah yg mempelajari cabang matem...

WASTE HEAT RECOVERY

  Dalam industri pembangkit listrik selain menghasilkan daya mesin listrik juga menghasilkan panas yang dimana panas tersebut dapat dimanfaatkan. Waste Heat Recovery merupakan salah satu solusi untuk pemanfaatan energi panas yang terbuang sehingga seluruh energi panas dari reaktor dapat dimanfaatkan tanpa ada yang terbuang ke lingkungan, yang dapat menimbulkan dampak global warming . Waste Heat Recovery adalah proses pengubahan energi dari limbah panas untuk menghasilkan energi, yang dimana limbah panas merupakan hasil dari pembakaran yang dibuang ke lingkungan. 1. Waste Heat Recovery Recuperator Heat Exchenger yaitu berfungsi untuk menurunkan temperatur gas pendingin yang keluar dari turbin, yang kemudian akhirnya diteruskan ke kompresor agar bisa dikompresikan. Fungsi lain dari rekuperator ini adalah untuk menaikkan temperatur gas pendingin sebelum dimasukkan kembali ke dalam teras reaktor. 2.    Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG) Teknologi WHRPG menghasilkan...

Sistem Pendinginan Mesin Oleh Udara Dan Oleh Coolant Pada motor

Rekayasa Pendinginan   Ahmad Iqbal A (Teknik Fisika)  Review Tentang Sistem Pendinginan Mesin Oleh Udara Dan Oleh Coolant Pada motor   Sistem pendingin merupakan sistem yang digunakan pada mesin yang memiliki fungsi agar mesin tetep dalam suhu ideal atau tidak overheat. Sistem pendingin pada mesin motor memiliki dua jenis yaitu sistem pendingin udara dan sistem pendingin liquid. Yang dimana keduanya digunakan pada mesin motor yang  diperuntunkanya berbeda. Pada Motor Motor produksi massal Biasa yang menggunakan Sistem Liquid Cooled seperti Misalnya CBR250RR, R25 ataupun Ninja 250 biasannya Hadir Thermostat dimana tugas thermostat adalah mengukur suhu cairan yang dipompakan oleh Water pump dari Water Jacket ( Biasannya panas). Lalu Jika suhu hasil Pengukuran masih berada pada ambang batas suhu optimal ( Biasannya sekitar 70-90 derajad Celcius ) Maka cairan Coolant akan dikembalikan Lagi ke water jaket di Mesin Via sebuah jalur ByPass untuk Proses ‘pendingina...